Jalani Hidup secara Logis

Maya Angelou berkata, “Orang akan lupa apa yang anda katakan, apa yang anda lakukan, tetapi tidak pernah lupa bagaimana anda membuat mereka merasakan sesuatu.” 

Penjara di New York sempat heboh karena seorang staf perempuan, Joyce Mitchell, membantu dua tahanan kasus pembunuhan melarikan diri. Joyce kemudian diadili dan dihukum penjara. Matt, penjahat yang dibantunya, bersalah karena menculik, menyiksa, dan membunuh. Tetapi mengapa Joyce membantu pria semacam ini?

Joyce membantu bukan karena siapa orang itu, tetapi bagaimana orang itu membuat Joyce ‘merasakan’ sesuatu yang istimewa. Perasaannya dipermainkan. Joyce kemudian menyesali perbuatannya, namun semua sudah terlanjur. Ia telah mendekam di penjara, sedangkan para penjahat itu bebas berkeliaran.

 

Butuh Penegasan Roh

Banyak orang sering mengikuti perasaan mereka. Meski perasaan itu belum tentu benar, mereka sering ngotot bahwa apa yang dirasakan itu benar. Namun setelah ditemukan kebenaran yang sesungguhnya, orang baru sadar. Orang kemudian menyesal atas kesalahannya sendiri. 

Kisah di atas memberi kita inspirasi untuk berani mengabaikan perasaan kita, ketika dituntut suatu kebenaran. Mengapa? Karena ada orang-orang tertentu yang sangat menarik, karena mereka dapat melihat dan memenuhi kebutuhan atau keinginan orang lain. Misalnya, kebutuhan akan cinta, rasa aman atau rasa kagum.

Karena itu, yang dibutuhkan adalah penggunaan akal sehat yang mesti menjadi andalan dalam hidup ini. Hal ini akan membantu manusia dalam mengadakan discernment atau penegasan roh apakah sesuatu itu benar atau tidak. Penegasan roh menjadi penting, karena membantu manusia dalam menjalani hidup ini dengan baik dan benar.

Mari kita terus-menerus menjalani hidup ini dengan baik dan benar. Kita menggunakan akal sehat untuk mensiasati perjalanan hidup kita. Tuhan memberkati. ** Frans de Sales SCJ

Diunggah: komsos1 | Tanggal: 28-01-2020 10:36

Tags: homili-renungan

Kalender Liturgi
Minggu, 29 Maret 2020


Jan - Feb - Mar - Apr - Mei - Jun - Jul - Agu - Sep - Okt - Nov - Des

Sumber: https://www.imankatolik.or.id/