Pastoran Diberkati, Sarana Imam dalam Melayani

Sudah lama Uskup Agung Mgr. Aloysius Sudarso SCJ menginginkan hadirnya sebuah pastoran di antara wilayah Palembang dan Jambi. Jarak antara ujung Kota Palembang ke pangkal Provinsi Jambi (batas Provinsi Sumatera Selatan) lebih dari 200 kilometer. Kondisi jalan pun tidak menentu. Memang jalanan sudah tersapu aspal, namun kerusakan berupa lubang-lubang besar masih terjadi di sana-sini. Jalan lintas yang dilalui tronton bermuatan berat juga menjadi kendala lain. Jika tronton mogok atau kecelakaan di tengah jalan, bisa dibayangkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai stasi-stasi di wilayah antara Palembang dan Jambi. Selama ini, pelayanan pastoral area ini diemban oleh para imam yang berkarya di Paroki Santo Stefanus Talang Betutu.

 

 

Minggu (26/1) menjadi minggu yang membahagiakan. Pastoran Stasi Santo Paulus yang selesai dibangun, akhirnya diresmikan. Sebelumnya, tahun 2013, Gereja Stasi Santo Paulus yang terletak di depan pastoran sudah diresmikan. Stasi Santo Paulus, yang terletak di Sungai Lilin, Musi Banyuasin berada hampir di tengah-tengah jarak antara Palembang dan Provinsi Jambi. Kehadiran pastoran, yang dapat menjadi rumah singgah bagi para imam, tentu sangat membantu pelayanan pastoral ke stasi-stasi di sekitar wilayah ini. Selain pastoran, ada pula Gua Maria yang turut diberkati.

“Hari ini kita bersyukur karena punya pastoran baru. Pastoran adalah tempat pastor menerima umatnya. Tempat beroleh kesegaran dalam melayani umat. Semoga ini menjadi tanda keinginan untuk semakin dekat dengan umat. Kita memang bercita-cita akan ada tempat-tempat seperti ini, agar umat semakin terlayani dan memberi terang dalam masyarakat,” kata Mgr. Sudarso SCJ, mengawali homilinya pagi itu.

 

 

 

Selain bersyukur atas kehadiran pastoran baru, Uskup Agung Palembang, Mgr. Sudarso SCJ yang memimpin Ekaristi pemberkatan pastoran, juga mengingatkan umat untuk selalu bersukacita.

“Paroki Santo Stefanus ini cukup luas. Ini salah satu paroki di Sumatera Selatan yang punya lapangan terbang. Artinya apa? Kita hadir di tempat yang sangat memungkinkan orang datang. Maka kita, sebagai umat Katolik, harus menunjukan sukacita akan iman Katolik, kebanggaan kita,” tutur Mgr. Sudarso SCJ, dalam Minggu Sabda Allah. ** Kristiana Rinawati

Diunggah: komsos1 | Tanggal: 29-01-2020 08:50

Tags: komisi, komsos

Kalender Liturgi
Minggu, 29 Maret 2020


Jan - Feb - Mar - Apr - Mei - Jun - Jul - Agu - Sep - Okt - Nov - Des

Sumber: https://www.imankatolik.or.id/