Profil Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Palembang

Komisi Komunikasi Sosial (KOMSOS) Keuskupan Agung Palembang memiliki visi, Melalui media, melayani Tuhan dengan menyebarkan atau mewartakan Kabar Gembira kepada umat Katolik di Keuskupan Agung Palembang dan masyarakat di Sumatera bagian Selatan.

Dalam mewujudkan visi itu, ada enam misi yang harus dijalankan oleh KOMSOS Keuskupan Agung Palembang. Misi itu adalah:

  1. Melalui media, membantu umat mengenal Kristus dan karya keselamatan-Nya.
  2. Mewartakan kabar gembira Yesus Kristus ke seluruh lapisan umat.
  3. Memperjuangkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan yang sesuai dengan nilai-nilai Kristiani.
  4. Menyediakan informasi yang akurat dan benar bagi umat Katolik dan masyarakat di wilayah Keuskupan Agung Palembang.
  5. Membangun relasi yang dapat menjembatani umat untuk berinteraksi satu sama lain sebagai orang yang beriman akan Kristus.
  6. Menjadi tempat pelatihan bagi para penulis muda dan menjadi sarana bagi kaum muda untuk mempersiapkan masa depan mereka.

Dalam perwujudan karya pelayanannya, KOMSOS Keuskupan Agung Palembang berkarya di bidang jurnalistik, audio dan audio visual. Dalam karya jurnalistik, KOMSOS Keuskupan Agung Palembang menerbitkan Tabloid KOMUNIO dan Majalah FIAT setiap bulannya. Sedangkan untuk karya audio dan audio visual, KOMSOS Keuskupan Agung Palembang memproduksi siaran renungan harian, renungan mingguan, renungan orang sakit, reportase kegiatan di Keuskupan dan film-film rohani.

Tabloid KOMUNIO

“Pembawa Kegembiraan dan Harapan” adalah slogan dari media cetak Keuskupan Agung Palembang. Tidak hanya slogan belaka, media inipun sudah menjadi sarana komunikasi antarumat Keuskupan Agung Palembang, yang mencakup tiga Provinsi. Tiga provinsi itu diantaranya Palembang, Jambi dan Bengkulu. Dengan rutin sekali sebulan, Tabloid KOMUNIO menyapa umat Keuskupan Agung Palembang.

Di bawah pimpinan ketua Komsos Keuskupan Agung Palembang, Romo Fransiskus de Sales, SCJ, sekaligus editor Tabloid KOMUNIO, sebanyak enam orang karyawan menjadi staff jurnalis Tabloid KOMUNIO. Empat orang staff terdiri dari orang muda yang sedang menempuh jenjang pendidikan di bangku kuliah.

Selain menjangkau reksa pastoral di Keuskupan Agung Palembang, Tabloid KOMUNIO juga dilengkapi berbagai suplemen. Suplemen-suplemen itu berasal dari sekolah-sekolah katolik  dan karya kongregasi di Keuskupan Agung Palembang. Suplemen- suplemen yang selama ini ada di Tabloid KOMUNIO adalah Mata Pena, Tara, Xavetta, Suara Charitas, dan Gema Charitas. Suplemen-suplemen ini kemudian diselipkan di tengah-tengah Tabloid KOMUNIO.

Para penulis suplemen ini adalah para murid dan utusan dari instansi. Dalam menunjang kemampuan para penulis, maka diadakan training jurnalistik secara berkesinambungan tiap tahunnya.

Majalah FIAT

Majalah FIAT dengan motto “Total Melayani Sesama” adalah majalah milik Kongregasi Imam-imam Hati Kudus Yesus (SCJ). Majalah ini dikerjakan oleh KOMSOS Keuskupan Agung Palembang karena pimpinan KOMSOS Keuskupan Agung Palembang adalah seorang imam SCJ. Saat ini Majalah FIAT oplah cetaknya sudah mencapai 4.100 eksemplar.

Majalah FIAT memuat karya-karya yang dijalankan oleh SCJ baik di dunia maupun di lingkup keuskupan-keuskupan Indonesia. Sebagian besar karya yang sering dimuat adalah karya di Keuskupan Agung Palembang, karena di keuskupan inilah anggota SCJ banyak berkarya.

Seluruh keuangan, mencakup ongkos cetak dan distribusi Majalah FIAT ditanggung oleh Kongregasi SCJ.

Program Audio

Selain menerbitkan Tabloid KOMUNIO, KOMSOS Keuskupan Agung Palembang, juga memprodusi siaran-siaran untuk radio di berbagai daerah. Di Palembang, renungan pagi dan malam disiarkan di Radio Sonora setiap Senin sampai Minggu. Selain itu, Program Rohani juga disiaran di Radio Republik Indonesia (RRI) setiap Minggunya dengan durasi 30 menit.

Selain itu, KOMSOS Keuskupan Agung Palembang juga memproduksi parcel orang sakit mingguan untuk RS. RK. Charitas Palembang. Program-program ini bertujuan untuk memberikan semangat hidup dan berjuang bagi para pasien. Program ini disiarkan setiap hari Minggu dengan durasi 30 menit.

KOMSOS Keuskupan Agung Palembang juga memproduksi program rohani katekese untuk radio di luar Palembang. Program rohani berdurasi 30 menit disiarkan setiap Minggu untuk tiga radio. Radio-radio itu adalah Radio Maspero, Belitang, OKUT, Sumatera Selatan, Radio Tirilolok, Kupang dan Radio Montini, Manado. Selain itu, KOMSOS juga memproduksi beberapa album rohani.

Program Audio Visual

Selain memproduksi siaran rohani untuk radio, KOMSOS Keuskupan Agung Palembang juga mengadakan reportase kegiatan yang ada di lingkup keuskupan serta memproduksi film-film pendek. 

Training

Dalam rangka mengasah skill di bidang audio dan audio visual, KOMSOS Keuskupan Agung Palembang yang tergabung dalam SIGNIS dan KOMSOS KWI, sering mengadakan training dan produksi bersama. Selain mengikuti training, KOMSOS Keuskupan Agung Palembang juga memberikan training. Training-training yang diberikan adalah training jurnalistik cetak dan training audio visual pembuatan film pendek di Postulat-Novisiat SCJ Lampung, SMK Xaverius Palembang, Paroki St Stefanus Martir Curup, UNIKA Musi Charitas Palembang, dan TOR St Markus Pematang Siantar.

Pertanian di Lahan Sempit

KOMSOS Keuskupan Agung Palembang menaruh kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dengan menanam berbagai jenis sayuran hijau, seperti kailan, pak choi, selada, dan letus KOMSOS Keuskupan Agung Palembang ingin mewujudkan Eko Pastoral, sesuai dengan amanat Paus Fransiskus.

Diperbarui pada tanggal 31-01-2020 09:15

Kalender Liturgi
Minggu, 29 Maret 2020


Jan - Feb - Mar - Apr - Mei - Jun - Jul - Agu - Sep - Okt - Nov - Des

Sumber: https://www.imankatolik.or.id/