Gerak Sinode III KAPal

Menyongsong Sinode III KAPal

VISI KEUSKUPAN AGUNG PALEMBANG

(Hasil Sinode II)

Umat Allah Keuskupan Agung Palembang bercita-cita mewujudkan diri sebagai murid-murid Kristus, yang dalam terang Roh Kudus, beriman tangguh dan mendalam, mandiri, misioner, menjdai garam dan terang, di tengah dan bersama masyarakat membangun tata kehidupan yang dijiwai nilai-nilai Kerajaan Allah.

SKALA PRIORITAS KEUSKUPAN AGUNG PALEMBANG

(Hasil Sinode II)

1. Mengembangkan dasar-dasar katolisitas, sehingga umat memiliki iman yang dewasa (pengetahuan-pembatinan-tindakan)

2. Memupuk dan mengembangkan potensi umat serta mengefektifkan karisma-karisa yang dianugerahkan kepada setiap Umat Allah

3. Menumbuh-kembangkan semangat misioner

4. Memperjuangkan keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan

5. Me-reorganisasi dan merevitalisasi lembaga-lembaga pelayanan pastoral, SDM, dan sarana serta prasarana

6. Melengkapi dan mensinergikan perangkat-perangkat pastoral

7. Membaharui pola pelayanan pastoral (pastoral data, transparansi, akuntabilitas)

 

PROMULGASI SINODE III

Dekrit Promulgasi Sinode

No. 169/Dio.KAPal/VII/2019

       Sesudah menyampaikan kerinduan untuk mengadakan SINODE III Keuskupan Agung Palembang, untuk meninjau visi-misi Keuskupan Agung Palembang melalui sinode di dalam Rapat Dewan Imam tanggal 10 Juli 2019; dan selanjutnya telah dibentuk panitia Sinode Keuskupan Agung Palembang.

Maka dengan ini saya, Uskup Agung Palembang, meresmikan Buku Panduan Sinode III Keuskupan Agung Palembang sebagai petunjuk praktis dalam melaksanakan proses dan langkah-langkah pelaksanaan sinode.

Dan pada hari ini: Minggu, tanggal 18 Agustus 2019, pada saat perayaan Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga dirayakan Gereja,

saya memaklumkan secara resmi kepada seluruh umat Keuskupan Agung Palembang bahwa SINODE III Keuskupan Agung Palembang 2010 "DIMULAI!"

Kepada seluruh umat; para imam, saudara-saudari, biarawan-biarawati, hendaklah terlibat aktif dalam pelaksanaan sinode dan mendoakan demi kemajuan Gereja Katolik di Keuskupan Agung Palembang untuk menjadi saksi yang hidup Kerajaan Allah.

Sinode hendaklah dipandang dan dihayati sebagai peristiwa iman seluruh umat Keuskupan Agung Palembang.

Keuskupan Agung Palembang

Palembang, 18 Agustus 2019

 

Mgr. Aloysius Sudarso

 

DOA SINODE III


Allah Bapa di surga, kami bersyukur atas rahmat dan kasih penyertaan-Mu dalam perjalanan hidup kami sebagai Gereja Keuskupan Agung Palembang, khususnya dalam usaha kami melaksanakan amanat Sinode Kedua yang lalu.
Kami sadar bahwa masih ada banyak kekurangan yang harus kami perbaiki agar semakin menjadi berkat, garam dan terang bagi masyarakat di sekitar kami.
Semoga Sinode Ketiga yang akan kami jalankan, menjadi kesempatan rahmat untuk membangun komitmen untuk membaharui diri dan mewujudkan Gereja seperti yang Engkau kehendaki.
Yesus, Sang Gembala Utama, tuntunlah kawanan domba-Mu di Keuskupan Agung Palembang, khususnya dalam mengadakan Sinode Ketiga, agar semakin mampu mendengarkan dan melaksanakan sabda-Mu secara nyata di tengah masyarakat Sumatera bagian Selatan ini.
Terangilah para peserta Sinode dengan Roh Kudus-Mu agar Bapa Uskup, para Imam, biarawan-biarawati, para wakil umat dari berbagai kelompok, agar mampu merumuskan visi dan merancang langkah-langkah pastoral untuk semakin menghadirkan nilai-nilai kerajaan-Mu di tengah-tengah masyarakat.
Berkatilah semua yang terlibat dalam Sinode agar mereka senantiasa mengedepankan semangat kasih dan pelayanan dalam menjalankan tugas masing-masing sehingga Sinode dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kehendak-Mu.
Ya Bapa, kami haturkan doa kami kepada-Mu dengan perantaraan Yesus Kristus, Putera-Mu, Tuhan dan pengantara kami. Amin.
Bunda Maria, Bunda Gereja, dampingilah kami, seperti engkau mendampingi Putra-Mu dan para Rasul, dalam usaha kami membangun Gereja Keuskupan Agung Palembang melalui Sinode, agar menjadi murid-murid yang setia kepada Putra-Mu, bertanggung jawab dan berjiwa missioner.


Salam Maria …
Kemuliaan …

Diperbarui pada tanggal 13-12-2019 06:55

Kalender Liturgi
Senin, 16 Desember 2019


Jan - Feb - Mar - Apr - Mei - Jun - Jul - Agu - Sep - Okt - Nov - Des

Sumber: https://www.imankatolik.or.id/